AKSI

Cetak

Undangan Sosialisasi Perdirjen Perbendaharaan Tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara Akhir Tahun Anggaran 2014

Cetak

Penilaian Kantor Pelayanan Percontohan Kementerian Keuangan Tahun 2014 Pada Kantor Pelayanan Perbendaharan Negara Balikpapan

 

  Penilai 1  Hari Kamis tanggal 11 September 2014 Tim Penilai Kantor Pelayanan Percontohan Kementerian Keuangan Tahun 2014 melakukan penilaian pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Balikpapan. Tim Penilai terdiri dari Kepala Biro Umum Kemenkeu Achmad Saefudin, Kepala Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan Kemenkeu Charmeida Tjokrosuwarno dan Sekretaris Direktorat Jenderal Pajak Awan Nurmawan Nuh.

   Kegiatan penilaian Kantor Pelayanan Percontohan (KPPc) Kementerian Keuangan Tahun 2014 untuk pertama kali dilakukan di Kota Balikpapan, yang juga dikenal dengan sebutan “Kota Minyak”. Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Balikpapan merupakan salah satu kantor pelayanan yang mewakili Ditjen Perbendaharaan untuk penilaian Kantor Pelayanan Percontohan tingkat Kementerian Keuangan. KPPN Balikpapan telah melalui beberapa seleksi mulai dari Seleksi Tahap I (Penyisihan Awal), Seleksi Tahap II (Beauty Contest) sampai dengan Seleksi Tahap III (On The Spot) dimana seleksi tersebut mengacu pada Keputusan Menteri Keuangan Nomor 128/KMK.01/2013 tentang Pedoman Penilaian Kantor Pelayanan Percontohan di Lingkungan Kementerian Keuangan.

Penilai 8

      KPPN Balikpapan mengelola 159 DIPA dari 159 Satuan Kerja, melingkupi 3 wilayah kerja yaitu Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Paser, 4 Bank Operasional I, 4 Bank Operasional II dan 2 Bank Operasional III serta 24 Bank Persepsi dan 1 Kantor Pos untuk menerima penerimaan negara. Dengan motto “ Satu AKSI Sejuta Manfaat “ yang artinya Satu Pelayanan KPPN Balikpapan Aksi (Akuntabel, Komunikatif, Santun dan Ikhlas) dapat memberikan banyak manfaat bagi stakeholders. Penghargaan yang pernah diterima oleh KPPN Balikpapan antara lain juara 1 Hasil Survey Opini Kepuasan Stakeholder Tahun 2010 yang diselenggarakan oleh Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan dan Tim Penilai Institut Pertanian Bogor.

 

    Beberapa inovasi yang dilakukan oleh KPPN Balikpapan meliputi penyediaan sarana dan prasarana ruangan yang nyaman bagi pegawai dan semua stakeholder yang terdiri dari ruang tunggu satuan kerja, ruang layanan, ruang customer service dan ruang middle office, ruang mini Treasury Learning Center (TLC), mesin antrian berbasis web dan banyak lagi yang lainnya. Kepada Satker yang berprestasi diberikan Kartu bebas antrian disemua loket pelayanan yaitu Kartu “KASMARAN” (Kartu Satker Prima KPPN Balikapan). Untuk Kemudahan Informasi disediakan Banner Elektronik yang memuat semua informasi tentang KPPN Balikpapan, Double Display di meja Front Office, SMS Gateway, rekon melalui e-mail, monitor penyelesaian SP2D. dan untuk peningkatan kinerja telah digunakan Aplikasi persuratan Infinity yang mendukung go green concept dengan menerapkan paperless office dan Aplikasi e-filling fast searching document untuk pengelolaan arsip dokumen.

Penilai 7

Penilai 6

 

 

 

 

 

 

 

 

   Penilaian kantor pelayanan percontohan ini merupakan bentuk pembinaan aparatur negara yang diarahkan untuk peningkatan kinerja pelayanan publik sehingga tercapai pelayanan prima.

 

Penilai 3

 

 

KPPN Balikpapan AKSI

( Akuntabel, Komunikatif, Santun, Ikhlas )

Satu Aksi Sejuta Manfaat

Cetak

Undangan Sosialisasi LPJ Bendahara, Tata Cara Pembukaan Rekening Bendahara, Aplikasi Sistem Laporan Bendahara Instansi (SiLaBi)

Cetak

Kartu Satker Prima KPPN Balikpapan (KASMARAN)

 

    Untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan serta penyempurnaan layanan kepada Satuan Kerja di wilayah pembayaran KPPN Balikpapan, perlu kiranya untuk memberikan reward kepada satuan kerja sebagai bentuk apresiasi serta wujud kepedulian akan penghargaan bagi mereka yang telah bekerja keras dalam pelaksanaan APBN.  Untuk itu KPPN Balikpapan menerbitan kartu  “KASMARAN”   (Kartu Satker Prima KPPN Balikpapan).

Bitmap in Kasmarancdr.cdr.jpg 12

Bitmap in Kasmarancdr.cdr.jpg 1

 

 

 

 

 

 

 

      Kartu tersebut diterbitkan tiap triwulan berdasarkan hasil peringkat satuan kerja dalam penyerapan anggaran, ketepatan waktu melaksanakan rekonsiliasi dan penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Bendahara dengan benar dan tepat waktu.

   Kartu KASMARAN memiliki keistimewaan dalam pelayanan dan kenyamanan pada saat menyampaikan SPM, melakukan rekonsiliasi, menyampaikan LPJ Bendahara, konfirmasi surat setoran, melakukan konsultasi CSO dan pada saat pengambilan SP2D. Kelebihannya  yaitu satuan kerja yang mendapatkan kartu tersebut tidak perlu mengambil nomor antrian untuk semua loket pelayanan. Hal ini diberikan untuk mendorong satuan kerja pada wilayah KPPN Balikpapan agar lebih termotivasi dalam pengelolaan keuangan  Negara.

    Berdasarkan hasil penilaian yang telah dilakukan, kartu KASMARAN Perdana diberikan kepada 4 (empat) satuan kerja terbaik yang telah memenuhi criteria tersebut di atas yaitu :

1.       Satuan kerja Kantor SAR Balikpapan

SAR

2.       Satuan Kerja Balai Karantina Pertanian Kelas I Balikpapan

Balai

3.       Satuan kerja Stasiun Geofisika Balikpapan

Stamet

4.       Satuan kerja Pengadilan Agama Balikpapan

PA

     Penerbitan kartu KASMARAN ini merupakan wujud  service excellent dalam bentuk suatu  komitmen KPPN Balikpapan untuk memberikan kenyaman dan layanan yang maksimal . Penerbitan kartu KASMARAN ini, KPPN Balikpapan berharap ada nilai lebih yang bias diperoleh dalam upaya mencapai target realisasi pencairan dana sampai akhit tahun 2014 sebesar 90 %, dan peningkatan mutu dan kualitas dalam penyusunan LKPP.

 

KPPN Balikpapan AKSI

( Akuntabel, Komunikatif, Santun, Ikhlas )

Satu Aksi Sejuta Manfaat