rule your treasure

Cetak

Penandatanganan Pakta Integritas Pejabat dan Pegawai KPPN Balikpapan Tahun 2014

 

 BPN9448-001      Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor : S-1144/PB/2014 tanggal 21 Februari 2014 tentang Langkah-Langkah Peningkatan Pelaksanaan Tugas Kepatuhan Internal di Lingkungan Kantor Vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan, yang salah satunya memerintah agar unit kerja KPPN melaksanakan dan memantau penerapan kode etik dan disiplin pegawai, yang diwujudkan dalam kegiatan Pembaharuan Pakta Integritas seluruh pegawai dengan atasan langsungnya.

        Pakta integritas adalah sebuah pernyataan publik yang mendeklarasikan bahwa lembaga-lembaga pemerintah dan seluruh staf lembaga-lembaga ini akan menerapkan standar integritas profesional yang sangat tinggi. Dalam rangka mendukung langkah reformasi birokrasi di Kementerian Keuangan RI pegawai KPPN Balikpapan melaksanakan pembaharuan pakta integritas tahun 2014. Bertempat di Aula KPPN Balikpapan , penandatanganan naskah pakta integritas tertanggal 3 Maret 2014 dilaksanakan di hadapan atasannya masing-masing pelaksana, dan disaksikan secara langsung oleh  Kepala KPPN Balikpapan.

 

 BPN9539-001

Pernyataan yang tercantum pada pakta integritas ini terdiri dari 7 butir. Sebagian besar butir-butir pernyataan yang termuat di dalamnya bersifat umum atas tindakan-tindakan, sikap dan perilaku yang harus dijunjung tinggi diantaranya menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas demi menjaga citra dan kredibilitas Ditjen Perbendaharaan, memberikan pelayanan kepada mitra terkait dengan pelaksanaan tugas dan tidak akan menerima pemberian dalam bentuk apapun baik berupa uang, barang/jasa dan/atau fasilitas lainnya terkait tugas dan jabatan dalam memberikan pelayanan kepada mitra kerja.

Selain sebagai deklarasi publik, penandatanganan pakta integritas ini diharapkan kepada para pegawai KPPN Balikpapan akan terus berkomitmen untuk melaksanakan tugas kantor dengan bersungguh-sungguh dan mewujudkan KPPN Balikpapan sebagai kantor pelayanan yang bebas dari peluang korupsi, kolusi dan nepotisme. Untuk mencapai harapan di atas sangat dibutuhkan dukungan dari semua pihak termasuk dari para satuan kerja mitra KPPN Balikpapan.

KPPN Balikpapan AKSI (Akuntable, Komunikatif, Santun dan Ikhlas).

   

 BPN94801

 

 BPN9532 BPN9494 BPN9590

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cetak

Undangan Sosialisasi Laporan Keuangan Kementerian / Lembaga, Perencanaan Kas dan Revisi DIPA Tahun Anggaran 2014.

Cetak

Undangan Sosialisasi Perdirjen Perbendaharaan Tentang Langkah-langkah Dalam Menghadapi Akhir Tahun 2013

KPPN Balikpapan akan mengadakan kegiatan Sosialisasi Perdirjen Nomor PER-43/PB/2013 tentang Langkah-langkah Dalam Menghadapi Akhir Tahun Anggaran 2013. Mengingat betapa pentingnya Perdirjen ini, maka diharapkan kedatangan para undangan yang terlibat dalam pengelolaan APBN Tahun Anggaran 2013 ini.

Untuk surat undangan Sosialisasi tersebut, dapat di-download pada link di bawah ini :

 Satker Wilayah Kota Balikpapan

 Satker Wilayah Luar Kota Balikpapan

Cetak

Bimbingan Teknis Implementasi Pelaksanaan APBN di Lingkungan Kementerian Pertahanan Wilayah Kerja KPPN Balikpapan

 

Hankam3

Hankam2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah peraturan bersama Menteri Keuangan dan Menteri Pertahanan, PMK Nomor 67/PMK.05/2013 beserta lampiran-lampirannya ditetapkan, maka dipandang perlu mengambil langkah-langkah persiapan agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik. Dikarenakan pengelolaan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) sebagai dasar pelaksanaan anggaran pengeluaran Negara untuk Belanja Barang dan Belanja Modal pada seluruh Satuan Kerja (Satker) lingkup Kementerian Pertahanan mitra kerja KPPN Balikpapan dalam hal ini adalah Tentara Nasional Indonesia (TNI) merupakan hal yang baru dan dimulai pada Tahun Anggaran 2013 ini. Atas dasar Peraturan Kementerian Keuangan tersebut maka tanggung jawab pelaksanaan anggaran yang berada dalam penguasaan Satker diserahkan kepada Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) masing-masing Satker termaksud (pasal 9).

Hankam1

Dengan demikian KPPN Balikpapan sebagai mitra kerja TNI yang berfungsi untuk menjamin kelancaran APBN secara Tepat Sasaran, Tepat Waktu dan Tepat Jumlah, mengadakan Bimbingan Teknis Implementasi Pelaksanaan APBN di Lingkungan Kementerian Pertahanan Wilayah Kerja KPPN Balikpapan yang diadakan di aula Gedung Keuangan Negara Balikpapan pada tanggal 28 Oktober 2013 lalu. Tidak dapat dipungkiri betapa sesuatu hal yang baru bisa menjadikan kesulitan utamanya pada aplikasi-aplikasi, baik itu aplikasi perencanaan, aplikasi pelaksanaan dan juga aplikasi pelaporan atas anggaran yang akan dikelola. Atas hal tersebut KPPN Balikpapan akan terus membimbing dan selalu siap menerangkan apabila ada kekurang jelasan terhadap segala sesuatu yang menyangkut pelaksanaan anggaran Satker di lingkungan Kementerian Pertahanan pada wilayah kerjanya, baik itu masalah peraturan-peraturan maupun aplikasi-aplikasinya.(Red.Aguzz)

 

 

Dokumentasi Pelaksanaan Bimbingan Teknis Implementasi Pelaksanaan APBN Di Lingkungan Kementerian Pertahanan Wilayah Kerja KPPN Balikpapan. 

Hankam4Hankam8

 

Hankam7

 

Hankam5

 

Cetak

Sosialisasi Rekonsiliasi Internal UAKPA T.A. 2013

Dalam rangka peningkatan mutu laporan keuangan tingkat satuan kerja dan tingkat kuasa bendahara umum Negara, KPPN Balikpapan mengadakan Sosialisasi Rekonsiliasi Internal UAKPA Tahun Anggaran 2013 di hotel Grand Tiga Mustika Balikpapan pada tanggal 25 September 2013. Acara tersebut mengundang operator SAKPA dan bendahara pengeluaran seluruh Satker pada wilayah kerja KPPN Balikpapan.

UAKPA1

Acara tersebut diisi oleh materi-materi yang sangat bermanfaat baik bagi undangan sebagai peningkatan kualitas pelaporan internal masing-masing Satker, maupun bagi para narasumber dan panitia sendiri sebagai bahan koreksi dan peningkatan pelayanan pada KPPN Balikpapan. Nampak antusiasme dari para undangan dengan diajukannya beberapa pertanyaan, kritik dan saran kepada para narasumber pada khususnya dan kepada KPPN Balikpapan pada umumnya, dikarenakan masih adanya hal-hal yang belum diketahui oleh para Satker dan sudah merupakan tugas KPPN Balikpapan sebagai pelayan dan pembimbing kepada para Satker demi kualitas Perbendaharaan Negara yang lebih baik lagi ke depan.(Red.Aguzz)

UAKPA2

UAKPA3

Cetak

Perpisahan 4 Pegawai KPPN Balikpapan

 

Normalnya peristiwa pensiun pegawai atau mutasi staf sebuah kantor tidak menjadi perhatian utama bagi kita. Tetapi bagi organisasi manapun kehilangan/pengurangan kualitas apalagi jumlah sumber dayanya yang paling berharga adalah sebuah kerugian besar. Jika kita bisa mendeskripsikan kantor seperti seorang individu maka boleh jadi beberapa organnya teramputasi atau mengalami cedera yang memerlukan waktu untuk pulih. Inilah yang kurang lebih terjadi pada kantor kami KPPN Balikpapan. Per Agustus 2013 KPPN Balikpapan telah melepas empat orang pegawainya per Agustus 2013, mereka adalah :

1.       Sdri. Sumiyati, yang telah memasuki masa pensiun terhitung mulai tanggal 1 Mei 2013 setelah lebih dari 22 tahun mengabdi kepada Negara;

DSC 0086

2.       Sdri. Sri Subekti, yang juga telah memasuki masa pensiun terhitung mulai tanggal 1 Juli 2013 lalu dengan masa bakti 24 tahun lamanya;

Perpisahan2

3.       Sdri. Prima Rahmita Ariftyanie, yang dimutasikan ke Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan di Jakarta;

Perpisahan1

4.   Sdri. Dea Rasita Ranggi, yang telah resign atau mengundurkan diri sebagai Pegawai Negeri Sipil Direktorat Jenderal Perbendaharaan demi mengikuti suaminya yang bekerja dan berdomisili di Melbourne, Oz.

Perpisahan3

Seperti halnya sebuah situasi sulit lainnya dan setelah rasa kehilangan sedikit mereda, KPPN Balikpapan justru merasakan sebuah berkah bagi kami yang masih tersisa karena hanya ada satu arah, yaitu berkembang lebih baik dan automatically  up graded untuk meng-cover peran penting yang selama ini diemban oleh ibu dan teman kami tersebut.

KPPN Balikpapan juga akan bersiap kehilangan salah seorang pegawai lagi terhitung mulai tanggal 1 Desember 2013 ini dikarenakan sudah terpenuhi masa bakti yaitu Sdr. Ponioto.

Akhir kata, segenap pegawai KPPN Balikpapan mengucapkan terima kasih atas pengabdian mereka selama bertugas di KPPN Balikpapan dan selamat berpisah, kami mendoakan yang terbaik bagi mereka.